Jaringan Komputer dan Bagian-Bagiannya

Jaringan Komputer dan Bagian-Bagiannya

Jaringan komputer dan bagian-bagiannya - Pada jaman globalisasi saat ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi karena saat ini teknologi dapat memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari sehingga segala pekerjan, kegiatan ataupun tugas kita dapat selesai dengan waktu singkat.

Selain dapat mempermudah kita dalam beraktifitas, perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini juga dapat mendatangkan keuntungan yang sangat luar biasa bagi orang yang mampu memanfaatkan teknologi ini dengan baik, sehingga kecanggihan teknologi saat ini dapat menjadi pekerjaan baru bagi kita.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, tidak terlepas dari yang namanya Jaringan Komputer. Ya jaringan komputer atau biasa disingkat jarkom ini merupakan sebuah sistem operasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi baik dengan menggunakan kabel atau tanpa menggunakan kabel (wireless) sehingga dapat berbagi data, aplikasi dll. Pada dasarnya jaringan komputer itu merupakan perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.

Menurut wikipedia, penjelasan mengenai jaringan komputer (jarkom) adalah sebagai berikut :

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Wikipedia

Dari pengertian wikipedia tersebut intinya adalah sama, yang beda hanyalah dari penjelasan dan kata-katanya, tetapi maksud dan tujuannya sama yaitu dapat saling berbagi data, aplikasi atau perangkat keras. Beberapa contoh dari jaringan komputer saat ini adalah LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), dan MAN (Metropolitan Area Network).

Di dalam jaringan komputer terdapat beberapa bagian yang saya jabarkan sebagai berikut :


Application Layer

Application layer ini sebenarnya merupakan laipasan ketujuh dari model referensi jaringan terbuka OSI. Model referensi jaringan terbuka OSI ini merupakan sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor).

Aplication layer ini sendiri berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.


Cloud Computing

Saat ini cloud computing sangat populer digunakan dalam era globalisasi saat ini, karena sangat mudah digunakan ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas jaringan komputer dan beragamnya gadget yang ada, sehingga sebagian besar orang saat ini dapat memanfaatkan cloud computing ini sebagai media penyimpanan yang aman.

Cloud computing atau jika dalam bahasa Indonesia berarti komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi informasi (komputerisasi) dengan perkembangan berbasis internet (awan). Awan yang dimaksudkan disini adalah metafora dari internet yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Contoh dari penggunaan cloud computing adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Sky Drive, Youtube, Scribd, dll

Manfaat dari cloud computing sangat banyak sekali bagi kita, diantaranya adalah kapasistas yang lumayan besar untuk versi gratisannya, kemudahan dalam mengakses kapanpun dan dimanapun kita berada asalakan terkoneksi dengan internet, keamanan data yang terjamin, dll.


Wireless Sensor Network (WSN)

Penerapan dari wireless sensor network di Amerika sudah banyak membatu memudahkan dalam setiap aktifitas disana, seperti yang kita ketahui jika di Amerika telah menggunakan sistem wireless sensor network salah satunya untuk mengetahui kecepatan kendaraan disana, jadi jika ada kendaraan yang melebihi batas maksimal kecepatan yang telah ditetapkan maka sistem wireless sensor network tersebut akan menginformasikan ke bagian server dari wsn tersebbut.

Wireless sensor network (WSN) sendiri memiliki arti jaringan wireless atau alat yang menggunakan sensor untuk memonitor fisik atau kondisi lingkungan sekitar, seperti suhu, suara, getaran, gelombang elektromagnetik, tekanan, gerakan, dan lain-lain


Over The Top (OTT)

Over the top merupakan layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang sisampaikan dan berjalan melalui jaringan internet yang infrastrukturnya milik operator, tetapi tidak secara langsung melibatkan operator. Bisa dikatakan juga layanan OTT adalah “menumpang” karena sifatnya yang beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi.

Layanan bisa berupa video, audio, voice, telecommunication, news, conference, data center, cloud services, networking services,games , mobile messaging dan lainnya. Beberapa contoh perusahaan yang beroperasi di layanan OTT adalah Facebook, Twitter, Youtube, Viber, dan lain-lain


Peer to Peer (P2P)

Peer to Peer adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran data/resource antara dua komputer secara langsung (real time).


Transport Layer 

Transport layer ini merupakan laipasan keempat dari model referensi jaringan terbuka OSI. Transport layer ini berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.

Selain itu, pada transport layer ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.


Network Layer

Network layer juga termasuk dari model referensi jaringan terbuka OSI dan terdapat dalam lapisan ketiga. Network layer ini berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP pada jaringan protokol.


Data Link Layer

Jika network layer merupakan lapisan ketiga dari model referensi jaringan terbuka OSI, maka data link layer merupakan lapisan kedua dari model referensi jaringan terbuka OSI.

Data link layer ini befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, data link layer akan melakukan pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address).


Physical Layer

Physical Layer merupakan lapian kesatu dari model referensi jaringan terbuka OSI yang berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, dan pengabelan. Selain itu, pada tahap ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio, contohnya Network Adapter.


Quality of Service (QoS)

Quality of service merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai contoh, komunikasi suara (seperti VoIP atau IP Telephony) serta video streaming dapat membuat pengguna jengkel ketika paket data aplikasi tersebut dialirkan di atas jaringan dengan bandwidth yang tidak cukup.


Network Security

Network security atau dalam bahasa Indonesia berarti keamanan jaringan sangat penting dilakukan untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah dalam jaringan komputer. Tugas keamanan jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.

Hal ini bertujuan agar jaringan yang dikelola aman dan tidak mudah di bobol oleh para hacker, selain itu juga diperlukan maintanance yang rutin terhadap jaringan.
Jaringan Komputer dan Bagian-Bagiannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

2 komentar

Tulis komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>