Cara Melakukan Ping dan Traceroute Jaringan di Linux


Cara Melakukan Ping dan Traceroute Jaringan di Linux - Bagi yang sudah sering bergelut dengan masalah jaringan komputer pasti sudah sering mendengar istilah Ping dan Traceroute pada jaringan. Meskipun begitu, banyak diantara kita yang belum begitu tahu tentang pengertian ping dan traceroute itu sendiri.

Di dalam Jaringan Komputer, Ping (Packet Internet Gopher) merupakan suatu perintah pada command prompt atau terminal yang berfungsi untuk mengetes apakah jaringan terkoneksi atau tidak.

Selain itu, Ping juga digunakan untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang dituju sedang aktif dan memberikan respon yang balik.

Ping (sering disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. Wikipedia

Sedangkan,

Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan. Wikipedia

Setelah mengetahui pengertian dari Ping dan Traceroute tersebut, lalu bagaimana cara melakukan Ping dan Traceroute jaringan di linux ?

Cara Melakukan Ping Jaringan di Linux

Untuk melakukan ping jaringan di linux langkah-langkahnya sangat mudah sekali. Pertama anda cari terminal yang ada di sistem operasi linux yang anda gunakan atau bisa anda gunakan fitur seacrh yang ada untuk mempercepat pencarian.

Setelah itu silahkan anda buka program terminal linux tersebut dan setelah terbuka ketikan ping www.google.com kemudian tekan enter pada keyboard setelah itu akan tampil hasilnya yang berupa statistik seperti pada gambar dibawah ini :


Sampai disini anda sudah bisa melakukan ping jaringan pada linux terhadap www.google.com.

Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin bagus kualitas koneksinya.

Cara Melakukan Traceroute Jaringan di Linux

Setelah tadi anda melakukan ping jaringan di linux, sekarang mari melakukan traceroute jaringan di sistem operasi linux. Tidak berbeda dengan cara Ping yang sudah saya jelaskan di atas, silahkan anda cari dan buka program terminal di sistem operasi linux anda.

Jika terminal sudah terbuka, maka silahkan anda ketikan traceroute www.google.com di terminal linux lalu tekan enter pada keyboard, setelah itu akan tampil hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :


Anda telah berhasil melakukan traceroute jaringan pada terminal linux terhadap www.google.com
Cara Melakukan Ping dan Traceroute Jaringan di Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Anonim
11 Mei 2016 pukul 02.20

Terimakasih masss, hehe keren artikelnyaa saya pembaca setiaaa. btw template nya bagusss, bagi dong mass :D kalo boleh, kirim aja kee syahrul080199@gmail.com ,terimakasi sebelumnyaa, soalnya kepengen bgt template ini mas :')

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>