Apa Itu Wireless Sensor Network

Wireless Sensor Network

Apa Itu Wireless Sensor Network - Di dalam perkembangan teknologi saat ini, tanpa kita sadari kita semua yang bekerja ataupun beraktifitas dengan memanfaatkan terknologi sudah mengunakan wireless sensor network.

Wireless sensor network sendiri merupakan salah satu teknologi dalam jaringan komputer yang dimana untuk memahami lebih detail tentang WSN kita terlebih dahulu perlu mengetahui mengenai apa yang dimaksud dengan jaringan komputer.

Secara umum jaringan komputer merupakan sebuah sistem operasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi baik dengan menggunakan kabel atau tanpa menggunakan kabel (wireless) sehingga dapat berbagi data, aplikasi dll. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca  pada artikel ini : Jaringan Komputer dan Bagian-bagiannya

Menurut Forouzan di dalam bukunya yang berjudul Computer Network  A Top Down Approach, jaringan komputer merupakan hubungan dari sejumlah perangkat yang saling berkomunikasisatu sama lain. Pada jaringan komputer terdapat minimal dua buah komputer atau perangkat yang saling terhubung satu sama lain dan terjadi komunikasi dan transfer paket data di dalamnya.

Di dalam teknologi jaringan, terdapat beberapa bagian yang termasuk dalam teknologi jaringan diantaranya wireless network, zigbee, PAN (Personal Area Network), Bluetooth, dan peer to peer.


Ciri-ciri Wireless Sensor Network (WSN)

Sebagai salah satu teknologi di dalam jaringan komputer, Wireles Sensor Network  (WSN) memiliki enam buah ciri yang membedakannya dengan jenis jaringan komputer lainnya. Keenam buah ciri utama tersebut meliputi :

  1.  Terdiri Atas Minimal Dua Buah Node Sensor

    Ciri pertama dari wireless sensor network (WSN) adalah terdiri atas minimal dua buah node sensor yang saling terhubung satu sama lain,  bersifat otonomi (tidak ketergantungan terhadap server), dapat melayani dirinya sendiri dan dapat ikut melayani node sensor lainnya. Adanya minimal dua buah node sensor ini, berfungsi untuk melakukan pemindaian (sensing) terhadap lingkungan sesuai tujuan dan studi kasus, untuk kemudian dikirim ke komputer server.
     
  2. Self Organizing Network (SON)

    Ciri kedua dari wireless sensor network (WSN) adalah self organizing network (SON) yang memiliki arti bahwa wireless sensor network (WSN) yang terdiri atas sejumlah node sensor, memiliki kemampuan cerdas dalam bentuk implementasi artificial inteligence untuk (kecerdasan buatan), untuk dapat melakukan proses perencanaan (planing), konfigurasi, manajemen, dan optimisasi terhadap jaringan komputer yang ditempatinya.
     
  3. Self Network Maintenance (SNM)

    Ciri ketiga yang dimiliki oleh Wireless Sensor Network (WSN) adalah kemampuannya untuk melakukan pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan jaringan computer yang ditempati oleh node sensor secara mandiri atau otonomi.
     
  4. Pengiriman Paket Data Bersifat Broadcast

    Ciri keempat pada Wireless Sensor Network (WSN) adalah adanya proses untuk pengiriman paket data secara langsung dalam jumlah banyak dan terus menerus yang ditujukan ke semua client (node sensor).
     
  5. Menggunakan Multi Hop Routing

    Ciri kelima pada Wireless Sensor Network (WSN) adalah adanya kemampuan untuk menggunakan multi hop routing antar node sensor di dalam pengiriman paket data dari node sensor asal ke node sensor tujuan.
     
  6. Komunikasi Dilakukan dalam Jarak yang Relatife Pendek

    Ciri keenam pada Wireless Sensor Network (WSN) adalah komunikasi antara node sensor dilakukan dalam jarak yang relatif dekat, hal ini disebabkan oleh node sensor pada WSN perangkat computer kecil, dan node-node sensor pada WSN memiliki keterbatasan sumber daya energy didalamnya, sehingga isu utama dari WSN adalah efisiensi energy.


Topologi Mesh yang Digunakan pada WSN

Topologi Mesh adalah topologi di dalam ajringan computer yang realtif lebih kompleks dibandingkan topologi lainnya. Pada topologi mesh setiap computer saling terhubung satu sama lain sehingga terdapat lebih dari satu kemungkinan rute yang dapat dilewati oleh paket data dari komputer asal ke computer tujuan.


Komponen Utama pada Wireless Sensor Network (WSN)

Di dalam Wireless Sensor Network terdapat 3 komponen utama untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ketiga komponen tersebut antara lain sebagai berikut ini :
  1. Node Sensor berfungsi sebagai node yang melakukan proses sensor terhadapa lingkungan dimana WSN diimplementasikan untuk memperoleh sejumlah data yang kemudian dikirimkan ke server secara online melalui internet.
  2. Node Router yaitu bekerja sebagaimana halnya router pada jaringan computer umumnya dan bertindak sebagai router yang bertugas untuk menentukan rute pengiriman alamat dari dari sumber asal ke tujuan.
  3. Node Gateway (Sink Node) ini diibartakan sebagai pintu keluar masuknya paket data (baik dalam bentuk pesan, dokumen, file, atau lainnya) dari computer asal ke computer tujuan maupun sebaliknya.


Implementasi WSN di Berbagai Bidang

Pada pengimplementasiannya, Wireless Sensor Network dapat diimplementasikan pada sejumlah bidang kehidupan manusia, antara lain adalah bidang militer, pertanian, kesehatan, deteksi bahaya, tata kota dan pendidikan yang akan saya bahas dibawah ini.

  1. Implementasi di Bidang Militer

    Implementasi Wireless Sensor Network (WSN) di bidang militer adalah untuk tujuan militer dan perang dan diharapkan dapat menciptakan sebuah sistem militer tangguh dan pintar didalam mengendalikan, memantau, mengontrol, bahkan ikut memberikan keputusan terkait dengan kegiatan militer, area militer dan area pertahanan serta mendeteksi kemungkinan adanya serangan musuh.
     
  2. Implementasi di Bidang Pertanian

    Wireless Sensor Network (WSN) mulai banyak diterapkan pada bidang pertanian sebagai salah satu bidang yang vital di dalam kehidupan umat manusia. Implementasi WSN di bidang pertanian disebut dengan Agricultural Wirelles Sensor Network (AWSN), yaitu bertujuan untuk membantu memantau proses pertumbuhan tanaman, air, tanah, yang berdampak pada peningkatan hasil pertanian.
     
  3. Implementasi di Bidang Kesehatan

    Wireless Sensor Network juga mulai diterapkan pada bidang kesehatan (Healthcare) mengingat dibidang kesehatan merupakan bidang yang berhubungan langsung dengan kelangsungan hidup umat manusia sekaligus menjadi kebutuhan pokok. Bidang kesehatan mengimplementasikan teknologi informasi didalamnya umum di kenal sebagai E-Health atau versi yang lebih baiknya disebut dengan Smart Health.
     
  4. Implementasi di Bidang deteksi Bahaya dan Bencana Alam

    Implementasi Wireless Sensor Network (WSN) dibidang ini yaitu antara lain adalah membantu deteksi terjadinya gempa, tsunami, dan tanah longsor yang dimana sudah jelas memiliki tujuan untuk dapat sedini mungkin untuk mempersiapkan diri dan warga sipil jika terjadi bencana alam yang sudah terdeteksi sehingga bisa meminimalisis korban jiwa.
     
  5. Implementasi Tata kota (Bidang Bangunan dan Infrastruktur)

    Di dalam implementasi Wireless Sensor Network (WSN) khususnhya di bidang tata kota terdapat beberapa bentuk implementasi tata kota yaitu, area aprkir kendaraan, smart home dan smart building, deteksi asap rokok, deteksi pecahan kaca dan beling, pemantauan dan deteksi suhu ruangan, deteksi dini adanya kebakaran dan asap kebakaran.
     
  6. Implementasi di Bidang Pendidikan

    Pada zaman teknologi ini, sedeikit demi sedeikit institusi pendidikan khususnya di Indonesia yang sudah mulai melibatkan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan dan demikian pula dengan pemanfaat Wireless Sensor Network (WSN) di bidang pendidikan untuk dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun diperguruan tinggi ke dalam bentuk E-Learning berbasis mobile dan ubiquitous learning.


Peran Wireless Sensor Network (WSN) Terhadap Teknologi

Di dalam peranan Wireless Sensor Netwrok (WSN) terhadap Teknologi memiliki beberapa kaitan yang diantaranya peranan Smart City dan WSN, IOT/M2M dan WSN, serta WSN NFC/RFID.
Apa Itu Wireless Sensor Network
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
20 Juni 2019 21.34

terimaksih untuk informasi mya
http://bit.ly/2SMywhm

Reply

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>