Cara Membuat Kotak Spoiler di Blog Dengan Tombol Buka Tutup

Cara Membuat Kotak Spoiler di Blog Dengan Tombol Buka Tutup - Bagi anda yang sering posting artikel yang menyajikan kode-kode HTML, Javascript, dll saya yakin sering menggunakan kotak-kotak spoiler untuk menamlikannya agar terlihat lebih menarik. Memang jika menggunakan kotak-kotak seperti itu membuat artikel yang kita posting lebih elegan.

Cara Membuat Kotak Spoiler di Blog Dengan Tombol Buka Tutup

Sekarang banyak jenis-jenis kotak spoiler tersebut yang dibuat semenarik mungkin, sehingga pengunjung blog anda akan tidak cepat bosan jika membaca dan mempraktekan artikel-artikel yang anda posting. Artikel saya kali ini tentang Cara Membuat Kotak Spoiler di Blog Dengan Tombol Buka Tutup dan akan langusng saya jelaskan cara memasang nya di postingan dan di menu gadget dengan design yang polos-polos saja yang penting Seo Friendly, hehe :)

Cara Membuat Kotak Spoiler Buka Tutup di Postingan Blog

  • Pertama, pada menu pos, klik "Entri Baru", kemudian disana ada dua tombol yaitu Compose dan HTML, anda pilih yang HTML, lihat gambar di bawah :
    Membuat Entri Baru di BlogMemilih Halaman HTML di Dalam Postingan Blog
  • Kemudian copas kode di bawah ini pada halaman postingan anda, ini juga merupakan hasil jadinya nanti seperti di bawah ini :

    <!---Start code show hide by;"dikaeuphrosyne.blogspot.com"--->
    <div style="margin-bottom: 2px;">
    <div style="margin-top: 5px; text-align: center;">
    <input onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Tutup'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Buka'; }" style="font-size: 12px; margin-top: 5px; width: 60px;" type="button" value="Buka" /> </div>
    <div style="background-color: #cccccc; border-bottom: 1px solid #ff0000; border-left: 4px solid #ff0000; border-right: 1px solid #ff0000; border-top: 1px solid #ff0000; margin: 0px; padding: 6px;">
    <div style="display: none;">
    <span style="color: black; font-style: italic;">
    (TULIS DESKRIPSI DISINI)
    </span></div>
    </div>
    </div>
    <!---End code show hide by;"dikaeuphrosyne.blogspot.com"--->


  • Keterangan :
    • #cccccc; ini merupakan warna background nya, silahkan di ubah sesuai selera anda.
    • (TULIS DESKRIPSI DISINI) Silahkan tulis deskripsi yang ingin anda buat dalam kotak spoiler buka tutup ini, jika ingin menampilkan gambar silahkan copas url gambarnya, jika ingin menampilkan kode HTML, dll silahkan di copas disini, biasanya saya kalau ingin menampilkan kode HTML di kotak spoiler ini saya merubah kode "<" menjadi "&lt;" (tanpa tanda kutip) dan kode ">" menjadi "&gt;". Jika sobat blogger tahu cara yang lebih sederhana, silahkan share di kolom komentar :) hehe..

Cara Memasang Kotak Spoiler di Menu Footer Dengan Tombol Buka Tutup

  • Pertama, silahkan  cari menu Tata Letak, lalu pilih "Tambah Gadget".
    Mencari menu Tata Letak di Blog











  •  Setelah itu cari dan klik tanda + "HTML/Javascript". Seperti pada gambar di bawah :
    Mencari Menu Edit HTML/Javascript di Blog 
  • Setelah terbuka menu konfigurasi HTML/Javascriptnya, copas kode kotak spoiler yang di atas tadi ke menu konfigurasi HTML/Javascript.
  • Ubah tulisan (TULIS DESKRIPSI DISINI) dengan gambar atau tulisan yang anda inginkan, jika sudah maka klik "Selesai". Contoh seperti yang saya gunakan pada halaman footer blog saya ini :
Site Info Blog dikaeuphrosyne.blogspot.com

Sekian artikel saya tentang Cara Membuat Kotak Spoiler di Blog Dengan Tombol Buka Tutup mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat blogger semua, Terima Kasih^_^

Tipe Blog Yang Disukai Oleh Google

Tipe Blog Yang Disukai Oleh Google - Banyak Blog yang disukai oleh Google, tetapi ada juga Blog yang tidak disukai oleh Google. Jika blog anda tidak disukai oleh Google, jangan harap bisa mendapatkan urutan pertama di search engine, belum lagi blog kesayangan anda bisa terkena penalty. Pastinya anda tidak mau kan blog kesayangan anda tidak dapat bersaing dalam peringkat 10 besar di search engine, apalagi blog kesayangan anda kena penalty, pastinya anda tidak rela dan tidak mengharapkan hal itu terjadi, saya sendiri pun juga begitu.

Tipe Blog Yang Disukai Oleh Google

Jadi artikel saya kali ini membahas tentang Tipe Blog Yang Disukai Oleh Google menurut saya pribadi, sambil bagi-bagi ilmu dengan sahabat blogger sekalian, siapa tahu ini bermanfaat dan bisa membuat blog anda disukai google. Supaya tidak berlama-lama, langsung saja baca, pahami dan terapkan penjelasan-penjelasan saya di bawah ini :

Tipe Blog Yang Disukai Oleh Google

  1. Template Blog SEO FRIENLY

    Tenmplate Blog SEO FRIENDLYIni merupakan suatu keharusan untuk blogger jika inggin bersaingin dengan blogger lain di peringkat 10 besar search engine. Sekarang sudah banyak bertebaran template Blog Seo Friendly yang diberikan secara gratis. Jika anda ingin template Blog yang Seo Friendly tentu anda harus mau menggunakan template yang simple-simple saja, karena kriteria template blog yang Seo Friendly itu design nya simple saja, dan gunakan widget seperlunya saja. Jadi intinya sekarang Google suka blog yang loadingnya cepat dan Seo Friendly.
  2. Posting artikel Secara Teratur

    Memposting artikel secara teratur memang sangat perlu, jadi saya sarankan untuk tidak memposting artikel secara musiman, misalkan anda psoting artikel setiap hari pada minggu pertama, lalu minggu ke dua dan selanjutnya anda vakum. Jika anda tidak mempunyai banyak waktu luang untuk posting artikel setiap hari, setidaknya anda posting artikel minimal 3 kali dalam seminggu dan itu dilakukan secara teratur ke minggu-minggu selanjutnya. Jadi intinya postinglah artikel secara teratur ke depannya, walaupun 3 kali seminggu itu lebih baik dari pada posting artikel setiap hari dalam minggu pertama, tapi minggu ke dua vakum.
  3. Isi Blog Tidak Hasil Copy Paste

    Artikel Bukan Hasil Copy Paste
    Jika anda ingin agar blog anda disukai oleh Google, tentu anda harus menghindari yang namanya copy paste, karena Google sangat tidak menyukai tindakan ini. Jadi buatlah artikel-artikel yang lain dari pada yang lain, dan tidak mengandung unsur-unsur porno dan sejenisnya sesuai aturan yang berlaku dan jagalah artikel anda agar tidak di copy paste.
  4. Artikel Berstandar SEO FRIENDLY

    Buatlah artikel yang berstandar Seo Friendly, saya tidak akan menjelaskan lagi bagaimana artikel yang Seo Friendly itu, silahkan anda search langsung di Google. Jika artikel anda sudah Seo Friendly maka Google akan lebih mudah untuk mengindeks artikel-artikel yang anda posting.
  5. Kualitas Artikel

    Buatlah artikel yang bermanfaat bagi pengunjung blog anda, jika artikel yang anda buat bermanfaat pastinya Google pun tentu akan menyukainya. Blog yang disukai oleh google adalah blog yang memiliki artikel yang berkualitas dan bermanfaar bagi pengunjung.
  6. Backlink Yang Sehat untuk Blog Anda
    Backlink Yang Sehat dan Baik Untuk Blog

    Cobalah untuk mencari backlink secara alami tanpa menggunakan jalan pintas. Karena ada sobat blogger yang mencari backlink menggunakan jalan pintas itu dampaknya akan terkena penalty, jadi usahakan untuk mencari backlink yang benar-benar alami dan pertambahan backink teratur kedepannya. Tidak hanya posting artikel saja yang harus teratur, tetapi berburu backlink juga harus secara teratur, sesuaikan saja dengan berapa waktu yang bisa anda luangkan untuk mencari backlink dalam setiap minggu dan lakukan secara teratur dan bertahap ke minggu-minggu selanjutnya. Saya yakin sobat blogger pasti sudah banyak tahu tentang asal-usul backlink ini, jadi saya tidak akan banyak menjelaskan tentang backlink.

Sekian dulu penjelasan saya tentang Tipe Blog Yang Disukai Oleh Google, semoga artikel saya ini bermanfaat bagi sobat blogger semua, jika ada kekurangan dalam artikel yang saya share ini mungkin sobat bisa sharing sedikit ke saya, karena saya juga masih belajar tentang SEO dan kawan-kawannya. Terima Kasih ^_^ Salam Blogger.

Cara Termudah Hosting File HTML, CSS dan Javascript ke Google Drive

Cara Termudah Hosting File HTML, CSS dan Javascript ke Google Drive - Siapa yang tidak kenal dengan layanan penyimpanan milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012 ?? Pengguna blogspot biasanya menggunakan Google Code untuk menyimpan file CSS, Javascript, HTML dan sejenisnya, namun mulai tanggal 15 januari 2014 Google Code akan ditiadakan dan sebagai pengganti dari Google Code itu akan digantikan oleh layanan dari Google Drive.

Di dalam Google Drive ada banyak aplikasi yang disediakan oleh google, seperti Formulir Pemesanan Online yang kemarin saya jelaskan itu, Presentasi, Pembuatan Contact Form, Upload File, Pengolah Angka, Pengolah Kata dan masih banyak lagi, ini semua diberikan dengan penyimpanan gratis sebesar 5GB dan dapat di tambah tetapi tentu harus membayar.
Untuk lebih jelasnya tentang Cara Termudah Hosting File HTML, CSS dan Javascript ke Google Drive akan saya jelaskan langkah demi langkah, disini sebagai contoh dari penjelasan saya menggunakan bahasa Indonesia, silahkan ikuti dengan seksama penjelasan saya di bawah:

Cara Upload File ke Google Drive

  1. Petama silahkan masuk ke halaman Google Drive dan log in menggunakan akun google anda.
  2. Buatlah folder baru dengan cara klik tombol "BUAT" Kemudian pilih "Folder" lalu buat nama folder dan klik "BUAT"
    Membuat Folder Baru di Google Drive

  3. Buka folder yang anda buat tadi, lalu upload file ke folder tersebut dengan mengklik tanda panah ke atas kemudian pilih "File"
    Cara Upload File ke Google Drive

  4. Pilih file yang akan anda upload, setelah file terupload/terunggah, kemudian klik "Berbagi" atau "Share".
    Mengupload File dan Mensharenya di Google Drive

  5. Pada laman "Setelan Berbagi" klik "Ubah"
    Mengubah Akses File Menjadi Public di Google Drive

  6. Setelah klik "Ubah" lalu akan muncul "Opsi visibilitas". Pada opsi tersebut pilih "Publik di web" dan terakhir klik Save.
    Menyetel Setelan Berbagi Menjadi Publik di web pada Google Drive

  7. Copas link yang disediakan, lalu simpan di notepad dan terakhir klik Done.
    Mengambil Link File Hasil Upload di Google Drive

Mencari Link File

  • Link yang anda copas ke notepad tadi kurang lebih seperti di bawah ini :
    https://drive.google.com/file/d/0B7Ww-zk2Hdv-UnZJZ0NWcnNONjQ/edit?usp=sharing
  • Copas kode yang saya warnai diatas, gabungkan dengan URL di bawah ini :
    https://googledrive.com/host/
  • Sehingga hasilnya jadi seperti di bawah ini :
    https://googledrive.com/host/Ww-zk2Hdv-UnZJZ0NWcnNONjQ

Menyimpan File di Template Blog/Web

  • Jika file berupa Javascript, maka simpan di bawah </head> atau di atas </body> dengan strukturnya seperti di bawah ini :
    <script src="https://googledrive.com/host/Ww-zk2Hdv-UnZJZ0NWcnNONjQ" type="text/javascript"></script>
  • Jika file berupa CSS, maka simpan di bawah <head> dengan strukturnya seperti di bawah ini :
    <link href="https://googledrive.com/host/Ww-zk2Hdv-UnZJZ0NWcnNONjQ" rel="stylesheet" type="text/css"/>

Dan akhirnya selesai. Bagaimana ? Mudah kan caranya .Walaupun gratis, tapi hasilnya jangan diragukan lagi, layanan penyimpanan milik Google ini memang TOP.

Sekian dulu artikel saya tentang Cara Termudah Hosting File HTML, CSS dan Javascript ke Google Drive, semoga bermanfaat buat anda semua. Terimakasih :)

Cara Membuat Formulir Pemesanan Online Menggunakan Google Docs

Cara Membuat Formulir Pemesanaan Online Menggunakan Google Docs - Bagi anda yang memiliki usaha toko online, pastinya memerlukan sebuah formulir pemesanan untuk para pelanggan anda, ini sangat berguna bagi anda yang menggeluti usaha toko online, selain berfungsi untuk mempermudah pelanggan anda dalam melakukan pemesanan barang, formulir ini juga berfungsi agar toko online yang anda kelola terlihat lebih profesional.

Sebenarnya banyak aplikasi untuk membuat formulir pemesanan online ini, namun kebanyakan berbayar, bagusan nyari yang gratisan aja, hehe..
Cara Membuat Formulir Pemesanan Online Menggunakan Google Docs ini cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk membuatnya, silahkan langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah :

Cara Membuat Formulir Pemesanan Online Menggunakan Google Docs

Cara Membuat Formulir Pemesanan Online

  1. Pertama silahkan masuk ke halaman Google Docs dan langsung log in menggunakan akun google anda, jika belum mendaftar, silahkan melakukan pendaftaran. 
  2. Setelah log in, anda akan dibawa ke halaman google drive, lalu klik tombol BUAT kemudian pilih Formulir.
    membuat formulir order online
  3. Tulis Judul Formulir anda dan pilih Tema Formulir sesuai keinginan anda lalu klik Oke. Sebagai contoh saya tulis Judul Formulir : Formulir Order dan Tema Formulir : Buku Klasik.
    judul formulir dan tema formulir google docs
  4. Buat pertanyaan-pertanyaan untuk formulir order anda, seperti nama, alamat, no HP, kode barang, dll.
    Membuat Pertanyaan Untuk Formulir Order
    • Keterangan :
      1. Judul Formulir. silahkan klik untuk mengedit judulnya.
      2. Deskripsi formulir anda. Silahkan isikan deskripsi singkat formulir anda.
      3. Judul Petanyaan. Isikan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya harus diisi oleh pelanggan anda, seperti : Nama, Alamat, No HP, Kode Barang, dll.
      4. Teks Bantuan. Teks tambahan untuk menjelaskan lebih detail dari judul pertanyaan yang anda buat.
      5. Jenis Pertanyaan. Silahkan pilih jenis pertanyaan yang akan anda sisipkan. Seperti contoh : text area, text field, radio button, checkbox, dll.
      6. Edit. Untuk mengedit pertanyaan-pertanyaan yg anda buat.
      7. Duplikat. Berfungsi untuk menggandakan/menyalin pertanyaan yang anda buat.
      8. Hapus.
      9. Pertanyaan Wajib. Beri tanda centang pada pertanyaan wajib, jika pertanyaan yang anda jawab itu harus diisi nantinya oleh pelanggan anda.
  5. Jika sudah selesai membuat pertanyaan-pertanyaan, mengedit, dll. Maka scroll layar anda ke bagian paling bawah, lalu anda akan melihat menu laman konfirmasi seperti pada gambar di bawah.
    Menu Laman Konfirmasi Formulir Order di Google Docs
    • Keterangan :
      1. Pesan Konfirmasi Khusus. Berfungsi sebagai pesan, jika saat pelanggan anda melakukan order dan mensumbit nya, maka setelah mensumbitnya itu akan keluar pesan konfirmasi khusus. Silahkan anda isi sesuai dengan keinginan anda.
      2. Beri centang pada 'tampilan tautan untuk menyerahkan tanggapan lain'.
      3. Untuk mempublikasikan hasil form ke semua responden.
      4. Membolehkan responden mengedit form yg dibuatnya setelah dia mensumbit form tersebut. ( jangan di beri centang )
      5. Klik 'Kirim Formulir' jika anda sudah selesai membuat pertanyaan untuk form yang anda buat.
    •  Setelah itu akan muncul laman 'Kirim Formulir seperti pada gambar di bawah.
      Kirim Formulir Pemesanan Online
      • Keterangan :
        1. URL. Anda bisa menggunakan URL tersebut dengan cara copas URL tersebut lalu
          letakan dalam toko online anda. Seperti contoh formulir online order yang saya buat, lihat disini
        2. Sematkan. Ini digunakan jika anda ingin mencopas code html'a, lalu anda buat
          halaman baru untuk meletakan code html ini di dalam toko online anda. 
        3. Jika sudah, lalu klik 'Selesai'
    • Setelah anda klik Selesai, maka akan muncul lagi laman 'Pilih Tujuan Tanggapan' lalu anda klik 'Buat'.
      Tujuan Tanggapan Formulir Order di Google Docs
    Nah, untuk membuat Formulir Pemesanan Online sudah selesai, cukup mudah dan simple kan, hasilnya juga bagus. Untuk melihat hasil jadinya, silahkan anda buka saja link yang sudah anda copas tadi, dan lihat hasilnya.

    Untuk selanjutnya, anda harus mengatur notifikasi email, agar jika ada pelanggan anda yang melakukang order, bisa langsung ketahui melalui email nofifikasi. Silahkan ikuti langkah-langkahnya

    Cara Mengaktifkan Email Notifikasi

    1. Masih dalam google docs, pilih 'Lihat Tanggapan' lalu akan terbuka spreadsheet tab baru. Pada spreadsheet itu pilih menu 'Alat > Aturan Pemberitahuan'.
      Cara Mengaktifkan Email Notifikasi
    2. Setelah itu akan terbuka laman 'Setel Aturan Pemberitahuan'. Beri centang pada opsi-opsi yang saya centang di laman tersebut. lihat gambar di bawah. Jika sudah, maka klik simpan.
      Setel Aturan Pemberitahuan di Google Docs
    3. Lalu akan terbuka laman dan klik Selesai.
    Setel Aturan Permberitahuan Formulir Pemesanan Online
    Akhirnya Cara Mengaktifkan Email Notifikasi selesai. Bagaimana ? Mudah dan Simple kan ? hasilnya juga keren. Ini bisa meningkatkan penjualan anda dan juga mempermudah anda dalam menerima orderan dari para pelanggan anda.

    Sekian dulu artikel saya kali ini tentang Cara Membuat Formulir Pemesanan Online Menggunakan Google Docs, semoga bermanfaat buat rekan-rekan dan para sobat blogger sekalian. Terimakasih!

    Jenis Formula Yang Sering Digunakan Dalam Microsoft Excel

    microsoft excel
    Jenis Formula Yang Sering Digunakan Dalam Microsoft Excel - Pada aplikasi Excel disediakan berbagai jenis formula. Tentu saja, anda tidak akan menggunakan semua jenis formula tersebut. Oleh karena itu, pada artikel saya kali ini hanya akan membahas beberapa jenis formula yang sering digunakan dalam Microsoft Excel. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini :

    A. Formula untuk Penjumlahan (Sum)

    Operasi penjumlahan digunakan untuk mengetahui nilai total dari sekelopok dara. Perintah untuk operasi penjumlahan adalah =SUM (range data). Operasi penjumlahan dapat dilakukan secara vertikal maupun horizontal. Untuk lebih jelasnya, perhatikan data berikut.
    formula untuk penjumlahan di ms. excel

    Dari gambar di atas, pada sel B7, ketikkan formula =SUM(B5:B7) dan tekan enter. Secara otomatis, Excel akan langsung menjumlahkan data tersebut. Anda dapat melakukan hal yang sama pada sel C8, D8 dst. Akan tetapi, untuk mempermudahkan anda, formula tersebut dapat anda copy dan paste, atau menarik ujung kanan bawah sel B8. Secara otomatis, formula akan menjumlahkan data tersebut.

    B. Formula untuk Mencari Rata-rata (Average)

    Seperti yang anda ketahui sebelmnya, bahwa untuk mencari nilai rata-rata dari sekelompok data menggunakan formula =Average (Range data). Seperti halnya formula penjumlahan, formula untuk mencari rata-rata juga dapat digunakan secara vertikal maupun horisontal.

    C. Formula untuk Mencari Nilai Maksimum dan Minimum

    Untuk mencari nilai tertinggi atau maksimum, anda dapat menggunakan formula =MAX(range data. Adapun untuk mencari nilai terendah atau minimum dengan menggunakan formula =MIN(range data). Sebagai contoh seperti pada gambar dibawah :
    formula untuk mencari nilai maksimum dan minimum di ms.excel
    Nilai maxsimum dapat dicari dengan menuliskan formula =MAX(C4:C13) dan nilai minimum dapat dicari seperti pada gambar diatas yaitu dengan menuliskan formula =MIN(C4:C13).

    D. Formula IF

    Fungsi IF digunakan untuk menguji apakah suatu syarat sudah terpenuhi (kondisi benar), atau apakah syarat tersebut tidak terpenuhi (kondisi salah).
    Fungsi IF terbagi menjadi 2 jenis, yaitu fungsi IF dengan syarat atau biasa disebut IF tunggal, dan fungsi IF lebih dari dua syarat.

    1. Fungsi IF dengan Dua Syarat

    Fungsi  IF dengan dua syarat memiliki dua nilai kemungkinan dapat diselesaikan dengan satu fungsi. Bentuk umumnya adalah sebagai berikut.
    =IF(Logika; [Nilai _jika_syarat_benar]; [Nilai_jika_syarat_salah])
    •  "Logika", merupakan nilai yang menghasilkan nilai benar (TRUE) atau salah (FALSE). Misalnya, jika terdapat pertanyaan apakah nilai pada sel A1 sama dengan nilai pada sel C1, maka secara langsung anda dapat menjawab ya atau tidak, namun dalam Excel akan diganti menjadi benar (TRUE) atau salah (FALSE). Dalam pengisian logika ini antara kondisi dan syarat harus menggunakan pembanding.
    • "Nilai_jika_syarat_benar", berisi nilai yang dihasilkan jika logika bernilai benar (TRUE). Untuk nilai bertipe teks, penulisan di apit dengan tanda petik ganda ("..."), sedangkan untuk tipe numerik tidak perlu diapit tanda petik ganda.
    • "Nilai_jika_syarat_salah", berisi nilai yang dihasilkan apabila logika bernilai salah (FALSE). Cara penulisan sama dengan Nila-jika_syarat_benar.
    Sebagai contoh, misalkan anda ingin menentukan merk mobil berdasarkan kodenya, dan tempatkan hasilnya pada kolom MEREK MOBIL dengan cara isikan sel B2 kolom MEREK MOBIL dengan pernyataan "Jika KODE adalah T, maka merk mobil diisi dengan Toyota, selain itu NAMA MOBIL diisi dengan HONDA.
    rumus formula fungsi IF dengan dua syarat di ms. excel
    • Ketikkan pernyataan gambar diatas dalam bentuk seperti berikut :
    =IF(A2="T"; "TOYOTA";"HONDA")
    • Keterangan :
    1. =IF     : awal pernyataan jika (if)
    2. A2      : alamat sel kode
    3. "T"     : syarat yang harus dipenuhi
    4. "TOYOTA" : nilai jika logika benar
    5. "HONDA" : nilai jika logika salah
    Formula IF di microsoft excel 2013
    Kemudian, ketikkan rumus tersebut pada sel B2 dan tekan enter, maka akan tamoil jawaban TOYOTA, karena setelah diuji ternyata kondisi di sel A2 memenuhi syarat yaitu T, sehingga yang dijalankan adalah bagian nilai benar yaitu TOYOTA.

    Selanjutnya, gunakan fasilitas fill handle yang ada di sudut kanan bawah sel B2 untuk menyalin (copy) rumus dan mengisikan sel di bawahnya, klik dan geser fill handle ke bawah hingga sel B5. Pada sel B3 akan terisi HONDA, hal ini dikarenakan setelah diuji ternyata sel A2 tidak memenuhi syarat yang ditentukan yaitu T, maka yang dijalankan adalah bagian nilai salah yaitu HONDA. Cara pembacaan yang sama juga dilakukan oleh sel berikutnya.

    Dengan menggunakan fungsi IF tunggal untuk menyelesaikan 2 kondisi, maka jika terdapat kode lain yang tidak memenuhi syarat (T), akan secara otomatis dianggap sebagai nilai salah dan kolom NAMA MEREK MOBIL akan terisi dengan HONDA.

    2.  Fungsi IF dengan Persyaratan Lebih dari Dua

    Fungsi IF kedua yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah fungsi IF dengan lebih dari dua syarat atau biasa disebut dengan fungsi IF bertingkat. Lebih dari dua syarat disini berarti di dalam satu rumus terdapat beberapa statement IF yang memungkinkan anda untuk mengelola beberapa kondisi sekaligus.

    MS-Excel 2010 memungkinkan anda untuk menggunakan sampai dengan 64 fungsi IF. Bentuk IF dengan persyaratan lebih dari dua 
    =IF(syarat1 ; [nilai_jika_syarat1_benar]; IF(syarat2; [nilai_jika_syarat2_benar]:........ ;[nilai_jika_semua_syarat_salah])
    • Syarat1, syarat2, syarat3, .... diisi nilai atau exspresi yang dapat diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Dalam pengisian logika ini antara kondisi dan syarat harus menggunakan operator pembanding.
    • Nilai_jika+syarat1_benar, nilai_jika_syarat2_benar, .... adalah argumumen berisi nilai yangakan dihasilkan bila logika yang diuji benar. Jika logika yang diuji bernilai benar dan argumen ini dihilangkan, nilai TRUE yang akan ditampilkan.
    • Nilai_jika_syarat1_salah, nilai_jika_syarat2_salah, .... adalah argumen berisi nilai yang akan dihasilkan bila logika yang diuji bernilai salah. Jika logika yang diuji bernilai FALSE dan argumen ini dihilangkan, nilai FALSE yang akan ditampilkan.
    Contoh : Menempatkan nama handphone berdasarkan kodenya, dan menempatkan hasilnya pada kolom NAMA HANDPHONE dengan cara mengisi sel B2 pada kolom NAMA HANDPHONE dengan ketentuan berikut.

    fungsi IF dengan persyaratan lebih dari 2 di ms. excel
    • Jika KODE adalah B, maka NAMA HANDPHONE diisi dengan Blackberry
    • Jika KODE adalah N, maka NAMA HANDPHONE diisi dengan Nokia.
    • Jika KODE adalah SE, maka NAMA HANDPHONE diisi dengan dengan SonyEricsson
    • Selain dari kode di atas maka NAMA HANDPHONE diisi dengan Samsung
    • Ketikkan pernyataan diatas dalam bentuk seperti berikut:
          =IF(A2="B";"Blackberry";IF(A2="N";"Nokia";IF(A2="SE";"SonyEricsson";Samsung")))

    Masukan rumus tersebut pada sel B2, kemudian tekan enter sehingga pada sel B2 akan tampil blackberry karena saat pengujian syarat 1 bernilai benar, seperti contoh gambar di atas.Selanjutnya tinggal menyalin rumus-rumus dari sel B3

    Sekian dulu artikel saya tentang Jenis Formula Yang Sering Digunakan Dalam Microsoft Excel sekarang ini, semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan dan para sobat blogger sekalian, Terimakasih!